Selasa, 08 Februari 2011

Tips dan Info Seputar Kendaraan yang terendam Banjir

Musim hujan biasanya disertai dengan meluapnya saluran air ke jalan-jalan bahkan pemukiman warga yang  dikarenakan kurangnya kesadaran membuang sampah dari masyarakat kita sendiri. Tentunya sudah bisa ditebak apa jadinya bila saluran pembuangan atau selokan tersumbat sampah. Banjir tidak pandang bulu dalam memilih benda-benda yang akan diterjang dan direndamnya, misalnya kendaraan roda empat dan roda dua kesayangan para Bikers selain harta benda lainnya.

Untuk tips sementara ini hanya diperuntukkan bagi kendaraan korban banjir yang masih berteknologi karburator dalam pengkabutan bahan bakarnya untuk kendaraan roda dua dan hanya bersifat darurat.
Peralatan dan bahan yang dibutuhkan
- Peralatan : obeng plus dan min, tang, kuas, kain lap, semprotan (kompresor angin), dongkrak, kunci ring dan pas seperlunya.
- Bahan : Cairan penetran, pembersih karburator, oli pencuci(oli yang larut dengan air), filter oli, dan oli mobil/motor pengganti (Banyak Berbagai merek pembuat yang beredar dipasaran)



Cara Memperbaiki Motor Bensin 4 tak :

Langkah I:
Lepaskan filter udara dari sarangannya dan keringkan dengan lap.

Langkah II :
Keringkan koil dan distributor serta kabel busi dari air

Langkah III:
Kuras oli mesin sampai habis dan bersihkan filter oli.

Langkah IV:
Isi mesin dengan Oli spesial yang larut dengan air yaitu oli pelarut air sesuai dengan merek yang beredar dipasaran, Bila isi oli normal 0.9 liter anda harus mengisi oli satu liter

Langkah V:
Gerakkan mesin dengan starter kaki tanpa dikontak sekitar 30 kali (posisi katup bensin tertutup)

Langkah VI:
Kuras oli pelarut tersebut sampai habis dan perhatikan warnanya bila oli tersebut berwarna putih susu menandakan ada air yang dilarutkannya dan tunggu sekitar satu jam agar semua cairan oli pelarut terkuras habis.

Langkah VII:
Isi mesin dengan oli pelarut air sesuai dengan merek dan ukuran yang beredar dipasaran. Setelah isi oli cukup hidupkan mesin dan jalankan mesin sampai 1 jam agar mesin cukup panas. Setelah itu kuras kembali oli dari dalam mesin dan pastikan sudah tidak ada air dalam oli dan pada filter oli.

Langkah VIII:
Isi dengan oli pengganti sesuai dengan merek dan ukuran sebelumnya. jalankan mesin seperti biasa. 

Untuk Motor Bensin 2 tak :

Langkah I dan II sama dengan mesin bensin 4 tak.

Langkah III:
buka busi dari lubangnya dan semprotkan oli spesial yang larut dengan air yaitu oli pelarut air sesuai dengan merek dan ukuran yang beredar dipasaran dengan sprayer agar dapat menjangkau silinder dan kruk as.

Langkah IV:
Gerakkan mesin dengan starter kaki tanpa dikontak dan posisi katup bensin tertutup sekitar 30 kali agar oli pelarut dapat bekerja melarutkan air yang ada dalam mesin, setelah itu pasang busi dan hidupkan mesin dengan oli samping Pertamina 2T Enviro atau 2T Sport TCA sekitar 5 menit dan mesin dapat berjalan normal kembali.
Bila air masuk ketangki bensin motor, dibawah tangki biasanya ada katup pengunci bensin , bukalah baut pada katup itu dan keluarkan air dari dalam tangki sampai habis.

Sumber: dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar