Rabu, 02 Februari 2011

Musim Hujan

Musim hujan telah tiba, namun aktivitas kita tidaklah berhenti. Karena itu sebagai seorang bikers tentu kita harus mempersiapkan diri dan kendaraan dengan benar agar tidak terjadi hal-hal negatif yang tentu tidak kita inginkan.

Berikut langkah-langkah menghadapi musim penghujan yang kami rangkum dari berbagai sumber.
Langkah pertama yang perlu kita perhatikan adalah kondisi ban motor, periksalah alur kembang yang ada di ban apakah masih layak atau tidak. Sebaiknya bila kembang ban sudah tinggal sedalam 0.8 mm segeralah ganti agar anda tidak mendapat masalah dan jangan menunggu ban benar-benar gundul. Periksa pula komponen motor lain seperti oli, rem dan berbagai lampu yang ada.

Langkah kedua sebelum beranjak menunggangi motor kesayangan adalah dengan menyiapkan helm yang benar-benar memiliki kaca pelindung yang jelas. Sebab ketika hujan, air akan dapat menyulitkan pandangan pengendara. Jangan bawa barang terlalu banyak, karena itu tentu akan menyulitkan anda.

Bila ada waktu, bersihkan dahulu kaca helm anda dengan jalan mengoleskan sedikit cairan sampo pada permukaan kaca untuk menghilangkan sisa oli atau kotoran. Sebab bila kaca anda bersih, kotoran dan air akan mudah diusap ketika berkendara di saat hujan.

Ketiga siapkanlah jas hujan. Pilihlah jas hujan yang tidak terlalu besar dengan ukuran yang pas dengan tubuh kita. Pilihlah pula jas hujan yang bermodel celana dan jaket, agar gerakan anda di atas motor dapat luwes bergerak.

Hindari jas hujan bermodel jubah karena sangat berbahaya, sebab dengan ukurannya yang kelewat besar, membuat jas ujan model ini otomatis berkibas bila terkena terpaan angin. Dalam banyak kasus, ujung jas malah tersangkut pada bagain rantai, hal ini tentunya berbahaya dan dapat menyebabkan kecelakaan.

Langkah selanjutnya, pahami trik-trik melewati berbagai medan jalan. Saat melewati genangan air kurangilah kecepatan agar traksi ban tiadk berkurang, dan jika memungkinkan, hindari genangan itu, sebab kita tentu belum tahu sedalam apa genangan air itu.

Selanjutnya, terus jaga kecepatan anda dan jangan mudah terpancing untuk ikut membetot gas. Jaga pula jarak motor kita dengan kendaraan di sekeliling terutama dengan kendaraan yang ada di depan.

Sebab bila tidak, ketika kendaraan yang berada di depan kita mengerem kita sulit menghindari, terlebih kondisi jalan yang basah membuat jarak pengereman menjadi lebih jauh. Karena ketika musim hujan tiba selain harus menyiapkan diri dengan baik, seorang bikers juga harus menjaga kewaspadaan mereka.

Keep Safety Riding Bikers ...
Safety is Everything .... 

Sumber : oto.detik.com 

1 komentar:

  1. Buat Biker yg membutuhkan accesories motor & spareparts murah & berkualitas OK ,Silahkan lihat di album foto , cekidot bro :
    New Motorcycle Accesorries Collection On February
    1 > http://www.facebook.com/album.php?aid=87269&id=1652978696
    2 > http://www.facebook.com/album.php?aid=87256&id=1652978696

    BalasHapus