Kamis, 28 April 2011

Mogok Akibat Banjir? Jangan Panik, Ini Solusinya

PERGANTIAN musim yang tidak menentu di Jakarta menjadikan cuaca tidak bisa di prediksi. Hujan deras bisa tiba-tiba datang dan menyebabkan banjir di beberapa wilayah.

Jika Anda terpaksa menerjang banjir karena tidak ada jalan lain, maka perhitungan yang tepat perlu dipikirkan supaya mobil lewat dengan selamat. Namun tentu saja disesuaikan dengan tingkat keadaan banjir saat itu.

Berikut ini beberapa cara bijaksana untuk melewati jalan yang banjir:
Perhatikan permukaan banjir apakah sampai menutupi permukaan ban atau tidak. Kebanyakan mobil menempatkan distributor, koil, dan busi lebih tinggi dari ban. Masuknya air ke bagian-bagian tersebut akan menyebabkan arus pendek sehingga membuat arus listrik bekerja tidak beraturan, akibatnya mobil bisa mogok.

Jika terpaksa mogok di jalan yang sedang banjir, ikuti langkah berikut ini:
1. Starter mesin sampai 2 atau 3 kali. Jika tetap tidak bisa hidup jangan diteruskan. Berhentilah di tempat yang aman dan tunggu sampai hujan reda.

2. Buka kap mesin dan keringkan bagian distributor, koil, busi, kabel busi dengan kertas koran atau lap kering. Cobalah starter hingga 2 atau 3 kali lagi.

3. Jika tidak mau hidup juga, cabutlah kabel busi dan perhatikan apakah ada genangan air di sekitar busi. Jika ada, bukalah tutup distributor, lalu keringkan.

4. Cobalah hidupkan mesin lagi. Setelah hidup dan keluar dari jalan yang tergenang banjir, cobalah rem beberapa kali sampai komponen-komponen kendaraan berfungsi kembali.

5. Selanjutnya  segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa kondisinya.

Jika banjir terjadi ketika Anda pulang dari bekerja dan kebetulan kantor Anda memiliki tempat parkir bertingkat, lebih baik kendaraan ditinggal saja di tempat parkir tersebut apabila ketinggian air tidak memungkinkan Anda untuk menjalankan kendaraan.(ron215)

Sumber : okezone.com

BIKERMART CENTER

Jl. S Parman No. 206 Purwokerto
Jawa Tengah - Indonesia 53141

Email  : biker.mart@yahoo.co.id
Phone : 0281-621505

Tidak ada komentar:

Posting Komentar