Kamis, 27 Januari 2011

Peluang Usaha dari Sepeda Motor

Produksi dan penjualan sepeda motor ditanah air kita terus meningkat setiap tahunnya. Sesuai dengan data dari www.datacon.co.id maka produksi sepeda motor dari tahun 2004 - 2009 saja terjadi tren peningkatan sebagai berikut  :
-Tahun 2004    3.897.000 unit
-Tahun 2005    5.113.000 unit
-Tahun 2006    4.458.000 unit
-Tahun 2007    4.706.000 unit
-Tahun 2008    6.280.000 unit
-Tahun 2009    5.881.000 unit


Para Pabrikan, Dealer, Distributor dan para karyawannya jelas merekalah yang pertama kali merasakan dampak langsung peningkatan produksi/ penjualan sepeda motor yang selalu meningkat jutaan unit setiap tahunnya berupa peningkatan omzet dan profit yang mereka dapatkan. Namun demikian tentunya tidak hanya mereka saja yang bisa memetik keuntungan dari fenomena itu, orang-orang yang jeli dalam melihat dan menyikapi fenomena inipun akan sadar bahwa ada banyak peluang-usaha yang cukup menjanjikan dari peningkatan produksi dan penjualan sepeda motor itu, dan saya kira hal itu adalah salah satu pertimbangan dan harapan pemerintah dari sektor ini, yaitu menciptakan / membuka peluang-usaha bagi masyarakat luas.

Berikut ini adalah beberapa peluang usaha yang bisa didapat dari meningkatnya produksi dan penjualan sepeda motor ditanah air :

  1. Para pembeli sepeda motor pada umumnya menggunakan sepeda motornya sebagai sarana tranportasi pribadi, karena praktis, ekonomis dan bebas macet, khususnya dikota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Makassar dan kota-kota lain yang sudah sangat padat lalu-lintasnya. Namun demikian pada saat ini sepeda motorpun bisa digunakan untuk memperoleh peluang-usaha sebagai jasa angkutan penumpang seperti yang kita kenal dengan sebutan “ojek”, apalagi saat ini banyak daerah yang bebas becak, sehingga menciptakan daerah operasi bagi para abang ojek. Bahkan saat ini malah sudah banyak dijumpai usaha antar jemput anak sekolah dengan memakai ojek, umumnya untuk anak-anak TK dan SD dalam suatu komplek perumakan yang paling jauh dengan radius jangkauan satu kilometer saja.
  2. Disektor perdagangan sepeda motorpun mempunyai peran yang sangat strategis. Awalnya kita kenal armada sepeda motor dari PT Pos, kemudian abang bakso dan roti keliling menggunakan sepeda motor untuk menjalankan usaha mereka, dan kini kita banyak melihat pengusaha jasa boga/restoran dan pengusaha bisnis paket antaran yang mempunyai armada sepeda motor untuk delivery servis door to door, pengusaha toko-toko untuk mengantarkan barang belanjaan seperti tabung gas, air mineral dll, dan bahkan saat ini banyak perusahaan-perusahaan yang membentuk armada sales dengan sepeda motor yang dilengkapi dengan “rombong/roncek” yang dipasang disadel, untuk menyebarkan produknya langsung kepara pengecer.
  3. Pada waktu sepeda motor mulai digunakan maka pertama-tama jelas membutuhkan bahan bakar. Hal ini berarti bahwa bahwa peluang-usaha penjualan bahan bakar mempunyai prospek yang baik, namun hal ini jangan diartikan hanya Pertamina dan Pengusaha Pompa Bensin saja yang ketiban rejeki, akan tetapi para pemilik usaha kios bensin eceran pun ikut pula menikmati hal ini. Peluang-usaha ini bisa dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar dan usaha ini bisa digabungkan misalnya usaha jual/ganti oli, usaha bengkel tambal ban dsb.
  4. Selain bahan bakar, sepeda motor memerlukan penggantian minyak pelumas / oli secara teratur untuk perawatannya. Hal ini berarti juga membuka peluang-usaha jual / ganti oli sepeda motor yang biasa kita kenal dengan servis sepeda motor. Teknologi, tingkat kesulitan dan resiko melaksanakan usaha ini relatif kecil bahkan investasi usaha inipun bisa dimulai dengan nilai yang terjangkau sehingga peluang-usaha ini tidak terlalu sulit untuk dilaksanakan. Peluang-usaha ini bisa juga bisa digabungkan dengan usaha toko spare part/onderdil yang sering diperlukan (fast moving part) seperti busi, aki, kampas rem, ban, lampu dan sebagainya.
  5. Apabila sepeda motor dipakai suatu saat nanti pasti akan mengalami kerusakan. Kerusakan yang terjadi itu bisa merupakan kerusakan ringan seperti busi yang mati, lampu yang mati, aki yang habis stromnya, ban yang bocor dan sebagainya.  Disini memunculkan beberapa peluang-usaha seperti usaha toko spare part/onderdil, usaha strom aki/toko aki dan usaha bengkel tambal ban. Investasi untuk usaha-usaha ini relatif kecil dengan resiko dan tingkat teknologi yang tidak terlalu berat, dan peluang-usaha tersebut juga bisa saling digabungkan satu dengan lainnya misalnya usaha strom aki dengan usaha bengkel tambal ban dsb.
  6. Kerusakan sedang seperti mengganti kampas rem, mengganti kampas kopling, mengganti rantai, perbaikan shock breaker depan dan perbaikan kelistrikan.  Disini memunculkan peluang-usaha seperti usaha bengkel sepeda motor dan usaha toko spare part/onderdil, yang bisa digabungkan.  Investasi untuk usaha bengkel sepeda motor pada umumnya tidak terlalu besar namun tingkat kesulitan yang dihadapi pada sektor ini mulai meningkat ditambah tuntutan kepuasan dari pelanggan yang makin kritis, sehingga kuncinya adalah bagaimana kita bisa mendapatkan mekanik yang qualified.  Investasi yang dibutuhkan untuk usaha toko spare part/onderdil pada umumnya mulai besar, apalagi apabila perencanaan jenis dan jumlah spare part yang harus disediakan tidak diperhitungkan secara cermat, bisa-bisa banyak spare part yang menjadi dead stok alias tidak laku sedangkan dilain pihak banyak spare part yang harusnya disediakan malah tidak ada stoknya atau hanya sedikit, sehingga sirkulasi invertasi jadi terganggu.
  7. Selain perbaikan mesin, maka kendaraan memerlukan pula pemeliharaan body seperti pengecatan, sehingga memunculkan peluang-usaha seperti usaha bengkel pengecatan untuk sepeda motor dan sekarang banyak muncul usaha bengkel modifikasi.  Tingkat kesulitan pada usaha sektor ini tinggi dan pelanggan juga kritis karena biaya yang dikeluarkan cukup besar, apalagi untuk usaha modifikasi karena pada umumnya pelanggan sektor ini adalah orang yang secara finalsial cukup sehingga yang mereka cari adalah kepuasan, sehingga berapapun  biaya yang diperlukan akan dibayar asalkan mereka puas.
  8. Tidak semua orang mempunyai waktu luang untuk membersihkan sendiri sepeda motornya, tapi pada umumnya orang selalu menginginkan sepeda motornya selalu terawat dan berpenampilan bersih. Nah inilah peluang-usaha yang saat ini sedang menjamur dimana-mana yaitu usaha cuci sepeda motor, bahkan usaha salon sepeda motor.  Modal usaha cuci sepeda motor tidak terlalu besar, tergantung peralatan yang kita gunakan. Peluang-usaha ini dapat kita mulai dengan hanya dengan menggunakan satu macam peralatan saja yaitu hight pressure pump (pompa tekanan tinggi) atau yang umum disebut “pompa Sancin”. Namun saat ini banyak usaha cuci sepeda motor yang dilengkapi dengan beberapa peralatan kompressor, tabung salju dan bahkan hidrolik motor lift. Tentunya semakin banyak peralatan yang kita pakai, semakin besar pula investasi yang diperlukan.  Insya Allah diposting yang akan datang saya akan membahas lebih rinci lagi masalah peluang  usaha cuci sepeda motor ini.
  9. Pada waktu memakai sepeda motor kita harus memakai helm, kalau kita memakai sepeda motor yang bersih dengan memakai pakaian/jaket yang rapi, namun helm yang kita pakai sudah bulukan, tentunya hal ini dapat menurunkan prestise dan kredibilitas kita. Nah hal ini juga membuka peluang-usaha baru yaitu usaha jual, servis dan laundry helm, apalagi jumlah helm tentu lebih banyak dari jumlah sepeda motor itu sendiri, dan peluang-usaha inipun tidak memerlukan investasi dan ketrampilan yang terlalu tinggi.
  10. Usaha parkir sepeda motor ditempat-tempat yang strategis.
Itulah beberapa peluang-usaha yang bisa didapat dari meningkatnya produksi dan penjualan sepeda motor ditanah air, sekarang tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkan macam-macam peluang usaha tersebut untuk menambah penghasilan semoga ada manfaatnya dan dengan senang hati kami membantu anda. Bagi Anda para pelaku bisnis service ( bengkel ) dan   retail  sparepart,  TNM  adalah satu tempat untuk semua kebutuhan Anda,  dimana produk  ( sparepart, variasi dan accessories sepededa motor hingga peralatan bengkel lengkap, perlengkapan display produk standar swalayan dll. ) dengan system manajemen dan marketing terdapat dalam satu paket layanan.


Bagi konsumen, para pemilik dan pengendara sepeda motor di seluruh Indonesia, BIKERMART dari Taruna Nusantara Motor adalah satu tempat untuk semua kebutuhan mereka. Mulai dari pembelian spareparts hingga perawatan dan perbaikan semua jenis sepeda motor.

Selamat memulai bisnis Anda, 
Salam BIKERMART, Salam Sukses!.

Sumber : diolah dari www.harisistanto.wordpress.com dan berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar